Senin, 02 April 2012

Rabies pada Kucing

Rabies pada kucing

Banyak yang sudah tahu bahwa rabies merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya bagi hewan maupun manusia, rabies ini adalah infeksi virus yang menyerang otak yang ditularkan oleh terutama gigitan binatang2 berdarah panas yang menyebabkan peradangan (inflammation) pada otak dan jaringan syaraf tulang belakang (spinal cord). Orang dulu percaya bahwa penyakit ini hanya ditularkan oleh anjing saja, sehingga penyakit ini sering disebut sebagai penyakit anjing gila. Namun pada kenyataannya virus ini dapat berkembang di semua binatang berdarah panas seperti kucing, rubah, kelelawar dan sebagainya. 


Penularan terjadi lewat kontak antara air liur binatang yang terkena rabies atau orang yang digigitnya. Kalau anda digigit oleh binatang terutama binatang liar seperti anjing atau kucing, janganlah anggap enteng, periksakanlah dan konsultasikan segera kepada ahli medis atau dokter Binatang yang terlihat sehat belum tentu bebas dari rabies, mungkin saja dia sudah terkena rabies tapi belum memperlihatkan tanda-tandanya.

Gejala rabies pada kucing dan hewan lain pada umumnya adalah:
 
1. Rabies membabi buta
Dulu rabies jenis ini disebut hidropobia (takut air) mengapa demikian? karena jika terkena kucing akan tampak kehausan. Namun saat kita beri air,  ototnya akan kejang-kejang seolah-olah takut air
Sedangakan gejala rabies jenis ini biasanya adalah
  1. Cenderung berlarian kesana-kemari
  2. Terlihat seperti gelisah namun tidak tahu apa penyebabnya
  3. Mudah sekali terangsang
  4. Seringkali bereaksi tidak wajar seperti menyerang dan menggigit sesuatu yang bergerak
2. Rabies Diam
Gejala rabies jenis ini sangat bertolak belakang dengan jenis rabies membabi buta. Kucing yang menderita jenis ini akan cenderung untuk diam. Sedangkan gejala-gejala lainnya adalah kehilangan vitalitas, suka menyendiri dan bersembunyi, sulit untuk terangsang, Kadang-kadang mengalami kelumpuhan, tubuhnya sering gemetar, bersikap apatis

3. Rabies Tanpa Bentuk
Walaupun dinamakan rabies tanpa bentuk namun bukan berarti tidak ada gejal-gejalanya. Seperti kata Shakespere “Apalah artinya sebuah nama”.
Gejala yang sering terjadi pada jenis rabies ini adalah sering mengalami gatal, kaku, sapsmus (kejang otot) dan sembelit.

Gejala Rabies pada manusia
Nah 3 hal diataslah gejala-gejala umum pada kucing yang menderita penyakit rabies. Nah sedangkan untuk manusia yang terkena rabies (setelah digigit kucing atau makhluk berdarah panas lainnya) akan memperlihatkan gejala-gejala semacam ini.
  1. Hati cenderung gelisah namun tidak tahu penyebabnya apa
  2. Luka bekas gigitan terasa nyeri
  3. Selain itu luka akan bengkak dan berwarna merah
  4. Terjadi kontrasksi otot dan kejang-kejang
  5. Sakit pada kepala
  6. Sulit berbicara
Masa inkubasi pada hewan:
1.       Pada anjing dan kucing  :  2    minggu
2.       Pada manusia                  : 2-3 minggu

 Oleh sebab itu kita harus waspada terhadap lingkungan terutama pada hewan liar disekeliling kita dan juga hewan peliharaan yg senang bermain kemana mana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar